Resep Ketupat Lebaran

Resep Ketupat Lebaran
Sebentar lagi umat islam akan merayakan hari besar idul fitri setelah sebulan berpuasa. Adapun makanan yang paling sering muncul saat hari raya idul fitri adalah ketupat, dimana kebanyakan orang mengatakan bahwa belum lengkap lebaran tanpa ketupat. Oleh sebab itu, kali ini Resep Masakan Ta' akan berbagi tips resep membuat ketupat lebaran.
Untuk Bahan:
  • Beras pulen
  • Air
  • Sarung ketupat
Cara Membuat:
  1. Rendam beras ke dalam air hingga kurang lebih 30 menit.
  2. Setelah proses merendam selesai, masukkan ke dalam sarung ketupat sebanyak 3/4 dari besar sarung ketupat.
  3. Didihkan air di atas panci kemudian masukkan ketupat ke dalamnya. Dalam hal ini usahakan agar semua ketupat terendam oleh air. Jika air sudah mulai berkurang, tambahkan lagi air hingga ketupatnya terendam.
  4. Untuk mengecek apakah ketupat telah matang sempurna, siapkan lidi yang bersih untuk menusuk-nusuk ketupat.
  5. Setelah matang, angkat ketupat dan langsung siram dengan air dingin yang bersih kemudian gantung ketupat agar ketupat menjadi kering dan buang seluruh air bekas rebusan ketupat.
Catatan buat anda bahwa dalam pembuatan ketupat ini, ada baiknya anda menggunakan beras yang hasilnya menjadi pulen agar ketupat menjadi lebih enak. Selain itu, hindari untuk merendam ketupat dengan bekas air rebusan setelah matang karena hal tersebut bisa membuat ketupat gampang basi. Selain itu, anda boleh saja tidak mendidihkan air terlebih dahulu saat memasak ketupat, akan tetapi hal ini akan memakan waktu yang lebih lama jika dibandingkan mendidihkan air terlebih dahulu.
Sekian tips resep membuat ketupat lebaran dari Resep Masakan Ta', semoga membantu dan selamat mencoba. Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

0 comments:

Post a Comment